Rabu, 11 Juli 2012

RESENSI BUKU "SOSIOLINGUISTIK PERKENALAN AWAL"


Judul Buku      : Sosiolinguistik Perkenalan Awal
Tahun Terbit    : 2010 (edisi revisi)                 
Pengarang       : Abdul Chaer
                          Leonie Agustina
Kota Terbit      : Jakarta
Penerbit           : Rineka Cipta
Tebal  Buku     : ix + 268 halaman
Harga              : Rp. ±50.000,00

Kemampuan dalam berkomunikasi atau berinteraksi, karena bahasa sebagai alatnya, seseorang harus menguasai baik ragam bahasa resmi maupun tidak resmi. Setiap satu ragam bahasa dapat digunakan dalam setiap kesempatan, waktu, dan tempat sesuai dengan fungsi ragam untuk satu situasi dan keperluan tertentu.
Berkenaan dengan fungsi ragam bahasa, bidang kajian linguistik yang mempelajari hal tersebut ialah sosiolinguistik. Sosiolinguistik merupakan ilmu antardisiplin antara ilmu sosiologi dan linguistik, dua bidang ilmu empiris yang mempunyai kaitan erat. Sosiologi adalah kajian yang objektif dan ilmiah mengenai manusia di dalam masyarakat yang berusaha mengetahui bagaimana manusia itu terjadi, berlangsung, dan tetap ada. Sedangkan linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa, atu bidang ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sosiolinguistik merupakan bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat.
Beberapa manfaat yang dapat diambil setelah mempelajari sosiolinguistik yaitu kajian tersebut dimanfaatkan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan memberikan pedoman berkomunikasi menujukkan bahasa, ragam bahasa atau gaya bahasa apa yang harus kita gunakan. Sosiolinguistik juga bermanfaat dalam pengajaran bahasa di sekolah. Secara internal akan menghasilkan perian-perian bahasa secara objektif deskriptif dalam wujud berbentuk sebuah buku tata bahasa. Selain itu, sosiolinguistik mampu menghindari ketegangan politik yang berlanjut menjadi bentrokan fisik dalam penggunaan bahasa dalam dalam menjalankan administrasi kenegaraan dan pembinaan bangsa.
Buku yang berjudul “Sosiolinguistik Perkenalan Awal” menunjukkan adanya beberapa kelebihan. Pertama, menunjukkan berbagai ragam bahasa dari berbagai wilayah sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Kedua, buku ini secara terperinci menjelaskan apa itu bahasa, apa fungsi bahasa, bagimana proses penggunaannya terutama dalam kehidupan masyarakat luas. Dengan adanya kelebihan tersebut buku ini hampir tidak menunjukkan kelemahan karena pembahasan materi yang jelas dan lugas membuat pembaca mudah untuk memahaminya.
Dengan demikian, buku ini layak untuk diterbitkan dan dipelajari oleh siapapun terutama bagi seseorang yang berkiprah dalam dunia pendidikan bahasa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar